RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT 1 FLORA AND FAUNA

Satuan Pendidikan        :    Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran            :    Bahasa Inggris
Kelas/Semester             :    XI / 1
Alokasi Waktu              :    16 x 45 menit

KOMPETENSI INTI
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.        Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PEMBELAJARAN
Kompeteni Dasar
Indikator
1.1    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.   Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3.   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.9    Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI.
3.8    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.13  Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan Matapelajaran lain di Kelas XI.
4.12  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3    Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

1.       Membaca teks Factual Report
2.       Menganaliis struktur teks factual report
3.       Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks factual report.
4.       Menganalisis informasi dalam teks factual report.
5.       Mengidentifikasi teks pengandaian akan  keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang.
6.       Membuat kaliat mengandung pengandaian  keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang.
7.       Mengidentifikasi  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), serta responnya.
8.       Membuat pernyataan ungkapan harapan dan doa berayap.

PERTEMUAN I
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1. Membaca teks factual report
2. Memahami topic dan informasi yang terkandung dalam teks factual report

B.       Materi Pembelajaran
Teks Factual Report mengenai beberapabinatang dan tumbuhan.

C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Think Pair and Share
Metode                        :  Ceramah, observasi, dan diskusi
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media    : Microsoft PowerPoint unit 1 Buku Facil: Advanced Learning English 2.
2. Alat        : Video atau gambar komode, kangguru, cendrawaih, bunga lili, kaktus, bunga sakura, sugar glider.  Komputer dan Proyektor.
3. Sumber  : Buku Facil: Advanced Learning English 2, Herman Benyamin, Grafindo Media Pratama Publishing, 2014, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.
E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.    Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
b.    Memberikan pertanyaan mengenai teks factual report..
2.    Kegiatan Inti
a.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati (Observing)
1)   Mengamati berberapa teks factual report.
2)   Mengamati topik atau tema dari teks factual report.
3)   Mengamati topic dan informasi lainnya dari teks factual report.

Tugas
Halaman
Kegiatan
1
3
Peserta didik diminta untuk mengamati beberapa gambar, dan berdiskusi menjawab pertanyaan.
2
4
Peserta didik diminta untuk membaca beberapa deskripsi mengenai flora dan fauna dan menjodohkan deskripsi tersebut dengan gambar yang tersedia.
3
5
Peserta didik diminta bekerja berpasangan dan mengidentifikasi jenis dari kata-kata yang disediakan.
4
6
Peserta didik diminta untuk membaca teks berjudul Sugar Glide dan melengkapi tabel berdasarkan teks tersebut.
5
7
Peserta didik diminta untuk membaca teks berjudul Sugar Glide dan menjawab pertanyaan yang disediakan.
3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan atas kemampuan berbahaa Inggris sehingga dapat memahami berbagai bacaan bermanfaat.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.


















PERTEMUAN II
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Memahami tujuan, struktur setra unsur kebahasaan suatu teks factual report.
2.      Memahami cara mengetahui topik dan informasi yang dimuat dalam teks factual report.

B.     Materi Pembelajaran
Teks Factual Report mengenai beberapabinatang dan tumbuhan.

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Mind Mapping
Metode                        :  Ceramah, observasi, dan diskusi
D.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.      Media     : Microsoft PowerPoint unit 1 Buku Facil: Advanced Learning English 2.
2.      Alat        : Video atau gambar badak bercula satu, Anemones, komodo. Komputer dan Proyektor.
3.      Sumber  : Buku Facil: Advanced Learning English 2, Herman Benyamin, Grafindo Media Pratama Publishing, 2014, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.    Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
b.  Memberikan pertanyaan mengenai teks factual report.
2.      Kegiatan Inti
a.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Menanyakan (Questioning)
a.       Peserta didik mengajukan pertanyaan mengenai struktur text.
b.      Peserta didik mengajukan unsur kebahasaan dalam teks factual report.

Tugas
Halaman
Kegiatan
6
8
Peserta didik diminta untuk membaca teks berjudul Grater One-Horned dan menjawab pertanyaan yang disediakan.
7
10
Peserta didik diminta untuk membaca teks berjudul Grater One-Horned dan mengidentifikasi topic dari tiap paragraf.
8
12
Peserta didik diminta untuk membaca teks berjudul Anemones dan mengidentifikasi unsure kebahasaan yang terkandung.
9
14
Peserta didik diminta untuk melengkapi kalimat rumpang dengan kata-kata yang disediakan.
10
14
Peserta didik diminta untuk melengkapi kalimat rumpang dengan kata-kata yang disediakan.
11
15
Peserta didik diminta untuk melengkapi kalimat rumpang dengan kata-kata yang disediakan. Peserta didik diperbolehkan untuk merubah bentuk kata berdasarkan jenis kalimat.

3.      Kegiatan Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.       Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan atas kemampuan berbahasa Inggis sehingga dapat memahami berbagai bacaan bermanfaat..
d.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.








PERTEMUAN III
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Menganilisis unsur kebahasaan pada teks factual report.
2.      Mengeksplorasi informasi yang terdapat pada teks factual report.

B.     Materi Pembelajaran
Teks Factual Report mengenai beberapabinatang dan tumbuhan.

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Cooperative Script
Metode                        :  Ceramah, observasi, dan diskusi
D.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.      Media     : Microsoft PowerPoint unit 1 Buku Facil: Advanced Learning English 2.
2.      Alat        : Video atau gambar burung Cendrawasih, bunga Hawaiian hibiscus. Komputer dan Proyektor.
3.      Sumber  : Buku Facil: Advanced Learning English 2, Herman Benyamin, Grafindo Media Pratama Publishing, 2014, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.    Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
b.  Memberikan pertanyaan mengenai teks factual report.
2.      Kegiatan Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Menanyakan (Questioning)
a.       Peserta didik mengajukan pertanyaan mengenai unsur kebahasaan dalam teks factual report.
b.       Peserta didik mengajukan pertanyaan mengenai cara menganalisis unsur kebahasaan dalam teks factual report.

Tugas
Halaman
Kegiatan
12
16
Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok. Kemudian, membaca teks berjudul Cendrawasih/Reggiana Bird of Paradise dan memilih lima kaliamt yang berjenis Passive Voice dari teks tersebut.




Mengeksplorasi (Exploring)
a.       Peserta didik mengeksplorasi topik dan tema dustu teks factual report.
b.      Peserta didik mengeksplorasi unsur kebahasaan pada teks factual report.

Tugas
Halaman
Kegiatan
13
19
Peserta didik diminta untuk bekerja secara berpasangan. Kemudian, membaca teks berjudul Hawaiian Hibiscus dan melengkapi tabel berdasarkan teks tersebut.


3.      Kegiatan Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.       Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.        Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan atas kemampuan berbahasa Inggris sehingga dapat memahami berbagai bacaan bermanfaat..
d.       Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN IV
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.    Menganalisis struktur dan unsur kebahasaan dalam report text.
2.    Mendapatkan penilaian dari guru maupun peerta didik lainnya dalam menilai hasil analisis yang ditampilkan dalam projrk kelompok.
3.    Mengidentifikasi kalimat-kalimat rumpang.

B.       Materi Pembelajaran
Teks Factual Report mengenai beberapabinatang dan tumbuhan.

C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Think Pair and Share      
Metode                        :  Diskusi

D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPoint unit 1 Buku Facil: Advanced Learning English 2.
2.    Alat        :Video atau gambar Volcano. Komputer dan Proyektor.
3.    Sumber  : Buku Buku Facil: Advanced Learning English 2, Herman Benyamin, Grafindo Media Pratama Publishing, 2014, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.

E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.    Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
b.    Guru bertanya tentang berita maupun informasi mengenai peristiwa alama yang terjadi di sekitar.
2.    Kegiatan Inti
a.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengasosiasi (Associating)
1)   Peserta didik menyimpulkan diskusi mengenai unsur kebahasaan teks factual report.
2)   Peserta didik diminta untuk melengkapi teks rumpang.

Tugas
Halaman
Kegiatan
14
20
Peserta didik diminta untuk membaca teks berjudul Volcano dan mengidentifikasi unsur kebahasaan di dalam teks.
15
21
Peserta didik diminta untuk membaca teks Volcano sekali lagi dan mengubah kata-kata yang diberikan ke dalam bentuk lain.

Mengkomunikasikan (Communicating)
1)   Peserta didik menceritakan hal mengenai teks factual report.
2)   Peserta didik melengkapi teks rumpang.
Tugas
Halaman
Kegiatan
16
22
Peserta didik diminta untuk melengkapi teks rumpang dengan kata-kata yang telah diberikan.

3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur kepada Tuhan atas kemampuan berbahasa Inggris sehingga dapat memperoleh ilmu dari berbagai sumber bacaan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.



PERTEMUAN V
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.    Menganalisis teks pengandaian mengenai sesuatu.
2.    Mengidentifikasi teks pengandaian mengenai sesuatu.
3.    Membuat teks pengandaian mengenai sesuatu.

B.       Materi Pembelajaran
Pembahasan mengenai If Clasuses.

C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Mind Mapping
Metode                        :  Diskusi dan picture to picture

D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
4.    Media     : Microsoft PowerPoint unit 1 Buku Facil: Advanced Learning English 2.
5.    Alat        :Video atau gambar situasi pengandaian, contoh gambar membuang sampah sembarangan dan gambar banjir. Komputer dan Proyektor.
6.    Sumber  : Buku Buku Facil: Advanced Learning English 2, Herman Benyamin, Grafindo Media Pratama Publishing, 2014, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.

E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.    Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
b.    Guru bertanya tentang perandaian yang dapat ditemukan di sekitar.
2.    Kegiatan Inti
a.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengomunikasikan (Communicating)
1)   Peserta didik menyimpulkan diskusi mengenai unsur kebahasaan teks factual report.
2)   Peserta didik diminta untuk melengkapi teks rumpang.
Tugas
Halaman
Kegiatan
17
23
Peserta didik diminta untuk mengisi/meneruskan klausa yang diberikan dengan klausa pengandaian tipe II (if clauses).
18
24
Peserta didik diminta untuk merubah kata didalam kurung menjadi kata berbentuk pengandaian tipe II (if clauses)  sehingga menjadi kalimat yang berarti.


3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur kepada Tuhan atas kemampuan berbahasa Inggris sehingga dapat memperoleh ilmu dari berbagai sumber bacaan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.




PERTEMUAN VI
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.    Menganalisis teks pengandaian mengenai sesuatu.
2.    Mengidentifikasi teks pengandaian mengenai sesuatu.
3.    Membuat teks pengandaian mengenai sesuatu.

B.       Materi Pembelajaran
Pembahasan mengenai If Clasuses.

C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Think Pair and Share
Metode                        :  Diskusi

D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPoint unit 1 Buku Facil: Advanced Learning English 2.
2.    Alat        :Video atau gambar situasi pengandaian, contoh gambar membuang sampah sembarangan dan gambar banjir. Komputer dan Proyektor.
3.    Sumber  : Buku Buku Facil: Advanced Learning English 2, Herman Benyamin, Grafindo Media Pratama Publishing, 2014, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.

E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.    Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
b.    Guru bertanya tentang perandaian yang dapat ditemukan di sekitar.
2.    Kegiatan Inti
b.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengkomunikasikan (Communicating)
1)   Peserta didik melengkapi teks rumpang.
Tugas
Halaman
Kegiatan
19
24
Peserta didik diminta untuk melengkapi teks rumpang dengan mengubah kata dalam kurung sehingga menjadikan kalimat berbentuk If Clauses tipe III.





3.    Kegiatan Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur kepada Tuhan atas kemampuan berbahasa Inggris sehingga dapat memperoleh ilmu dari berbagai sumber bacaan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.


































PERTEMUAN VII
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.    Membaca teks doa bersayap (extended) beserta responsnya.
2.    Mengidentifikasi teks doa bersayap (extended).
3.    Menganalisis teks doa bersayan (extended)

B.       Materi Pembelajaran
Pembahasan mengenai ungkapan doa bersayap (extended).

C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Cooperative Script
Metode                        :  Diskusi dan picture to picture

D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPoint unit 1 Buku Facil: Advanced Learning English 2.
2.    Alat        :Video atau gambar kue ulang tahun. Komputer dan Proyektor.
3.    Sumber  : Buku Buku Facil: Advanced Learning English 2, Herman Benyamin, Grafindo Media Pratama Publishing, 2014, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.

E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.    Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
b.    Guru bertanya tentang perandaian yang dapat ditemukan di sekitar.
2.    Kegiatan Inti
a.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati (Observing)
1)   Membaca teks yang mengandung doa bersayap (extended).
2)   Menyimak teks yang mengandung doa bersayap (extended).
Menanya (Questioning)
1)   Meminta membuat kelompok dengan teman sebangkunya (berpasangan).
2)   Meminta setiap pasangan kerja membacakan teks di depan kelas secara bergiliran.
Mengeksplorasi (Exsploring)
1)   Berdiskusi dan melakukan tanya jawab teks yang mengandung doa bersayap (extended).
2)   Menambahkan informasi yang didapatkannya dari media lain mengenai doa bersayap (extended).
Mengasosiasi (Associating)
1)   Mencatat informasi baru yang didapat dari hasil diskusi mengenai doa bersayap (extended).
2)   Menyimpulkan hasil diskusi dan tanya jawab mengenai doa bersayap (extended).
Mengkomunikasikan (Communicating)
1)   Secara berpasangan mempresentasikan hasil diskusi di depam kelas.
2)   Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai peserta didik dan meluruskan jika terjadi kesalahan konsep.
Tugas
Halaman
Kegiatan
20
25
Peserta didik diminta untuk bekerja secara berpasangan dan membacakan percakapan yang mengandung doa bersayap (extended) ssecara bergiliran. Kemudian, menjawab pertanyaan yang disediakan.

3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur kepada Tuhan atas kemampuan berbahasa Inggris sehingga dapat berkomunikasi dengan sesame, seperti mengucapkan harapan dan membalas harapan yang diucapkan seseorang.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.





















PERTEMUAN VIII
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.    Membaca teks doa bersayap (extended) beserta responsnya.
2.    Mengidentifikasi teks doa bersayap (extended).
3.    Menganalisis teks doa bersayap (extended)

B.       Materi Pembelajaran
Pembahasan mengenai ungkapan doa bersayap (extended).

C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Think Pair and Share
Metode                        :  Diskusi

D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPoint unit 1 Buku Facil: Advanced Learning English 2.
2.    Alat        :Video atau gambar kue ulang tahun. Komputer dan Proyektor.
3.    Sumber  : Buku Buku Facil: Advanced Learning English 2, Herman Benyamin, Grafindo Media Pratama Publishing, 2014, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.

E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.    Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
b.    Guru bertanya tentang perandaian yang dapat ditemukan di sekitar.
2.    Kegiatan Inti
a.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati (Observing)
1)   Membaca macam-macam ungkapan doa bersayap (extended) beserta responsnya.
2)   Menyimak macam-macam ungkapan doa bersayap (extended).
Menanya (Questioning)
1)   Meminta membuat kelompok dengan teman sebangkunya (berpasangan).
2)   Meminta setiap pasangan kerja membacakan teks di depan kelas secara bergiliran.
Mengeksplorasi (Exploring)
1)   Berdiskusi mengenai macam ungkapan doa bersayap (extended) beserta responsnya.
Mengasosiasi (Associating)
1)   Mencatat informasi baru yang didapat dari hasil diskusi mengenai macam ungkapan doa bersayap (extended) beserta responsnya.
2)   Menyimpulkan hasil diskusi dan tanya jawab mengenai macam ungkapan doa bersayap (extended) beserta responsnya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
1)   Secara berpasangan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
2)   Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai peserta didik dan meluruskan jika terjadi kesalahan konsep.
Tugas
Halaman
Kegiatan
21
26
Peserta didik diminta untuk menjodohkan beberapa bentuk ungkapan doa bersayap dengan respons yang paling tepat.
22
26
Peserta didik diminta untuk bekerja berpasangan dan melengkapi dialog pendek yang disediakan.

3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur kepada Tuhan atas kemampuan berbahasa Inggris sehingga dapat berkomunikasi dengan sesame, seperti mengucapkan harapan dan membalas harapan yang diucapkan seseorang.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.























PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti I dan II
 Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap Rubrik
Kompetensi III dan IV
Tes Unjuk Kerja 
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik

Tes Tertulis
Tes Uraian, Pilihan Ganda, Tabel Pengamatan, Lembar Kerja Siswa
Portofolio
Panduan Penyusunan Portofolio

2. Contoh Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
1) Kompetensi Inti I
No.
Aspek yang Dinilai
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1.
Memulai aktivitas belajar dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa





2.
Menunjukkan rasa bersyukur atas anugerah yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa





3.
Menghormati sesama walaupun memiliki keyakinan agama yang berbeda





*) Aspek yang dinilai dapat ditambahkan sesuai dengan sikap yang diharapkan dalam proses pembelajaran.

Petunjuk:

a) 4 = selalu, apabila selalu melakukan dalam aktivitas,
b) 3 = sering, apabila sering melakukan dalam aktivitas dan kadang-kadang tidak melakukan,
c) 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dalam aktivitas dan sering tidak melakukan,
d) 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2) Kompetensi Inti II
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk:
Lembaran penilaian ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam bertanggung jawab. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditunjukkan siswa, yaitu dengan kriteria sebagai berikut:
a) 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan,
b) 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan,
c) 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan,
d) 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
Nama Siswa                 : ....................................
Kelas dan NIS              : ...................................
Tanggal Pengamatan    : ....................................
Materi Pokok               : ....................................         
No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1.
Melaksanakan tugas individu dan kelompok dengan baik





2.
Menyelesaikan tugas secara mandiri





3.
Menyelesaikan soal ujian atau tes dalam proses pembelajaran dengan mandiri





4.
Meminta maaf jika melakukan kesalahan





5.
Melaksanakan proses belajar mengajar dengan tertib





Jumlah Skor





Petunjuk:
            Siswa memperoleh nilai:
            baik sekali       : apabila memperoleh skor 16-20
baik                 : apabila memperoleh skor 11-15
cukup              : apabila memperoleh skor 6-10
kurang                         : apabila memperoleh skor 1-5



b. Lembar Tes Unjuk Kerja

PENILAIAN KEGIATAN SISWA DALAM PELAJARAN TEKS FACTUAL REPORT
Nama:
Judul:                                                                                                                                                                                                                                    Tanggal:
ISI
Skor
Kriteria
Keterangan
27—30
Sangat baik—sempurna: menguasai topik tulisan; substansif; relevan dengan topik yang dibahas

22—26
Cukup—baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terperinci

17—21
Sedang—cukup: penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai

13—16
Sangat kurang—kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai

STRUKTUR TEKS
18—20
Sangat baik—sempurna: ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan logis; kohesif

14—17
Cukup—baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap

10—13
Sedang—cukup: tidak lancar; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis

7—9
Sangat kurang—kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai

KOSAKATA
18—20
Sangat baik—sempurna: penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata; penggunaan register tepat

14—17
Cukup—baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ungkapan kadang-kadang salah, tetapi tidak mengganggu

10—13
Sedang—cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan, dan penggunaan kosakata/ungkapan; makna membingungkan atau tidak jelas

7—9
Sangat kurang—kurang: pengetahuan tentang kosakata, ungkapan, dan pembentukan kata rendah; tidak layak nilai

KALIMAT
18—20
Sangat baik—sempurna: konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi)

14—17
Cukup—baik: konstruksi sederhana, tetapi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/urutan kata, artikel, pronomina, preposisi) tetapi makna cukup jelas

10—13
Sedang—cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat, urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, makna membingungkan atau kabur

7—9
Sangat kurang—kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak nilai

MEKANIK
9—10
Sangat baik—sempurna: menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf

7—8
Cukup—baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna

4—6
Sedang—cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur

1—3
Sangat kurang—kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca; tidak layak dinilai


c. Lembar Tes Tertulis
1)   What is factual report text? Apa yang dimaksud dengan factual report text?
2)   What is the generic structure of factual text report?
3)   What is language features containing in factuar report text?
4)   What is the difference between linking verb and action verb?
5)   What are the types of If Clause?  Elaborate.
6)   Write 3 sentences containing If Clauses Type 1.
7)   Write 3 sentences containing If Clauses Type 2.
8)   Write 3 sentences containing If Clauses Type 3.
9)   What is the expression of wish?
10)    Write a dialog containing the expression of wish

Jawaban:
1.      Factual report is a factual text, which means it provides information about something. An information report is used as a way to gain a better understanding about a living or non-living subjec.
2.      Classification – description
  1. The Language features are:
·         Uses facts to explain something
·         Gives details about a topic
·         Does not contain personal views
·         Is usually written, but can also be presented orally (spoken)
·         Uses simple presents tense
·         Uses relating verbs to describe the characteristics.
·         Uses action verbs to elaborate the behaviours.
4.      An action verb is a verb that describes an action, like run, jump, kick, eat, break, cry, 
smile, or think. A linking verb is a verb that links (connects) the subject of the sentence to information about that subject.   Linking verbs do not describe action.
5.      If Clause Type I is used when there is a possibility that the situation will happen in the future
·         If +Simple Present, S + will/ shall + V1
·         If +Simple Present, V1 (imperative)

If Clause Type II is used when the condition in theory possible to fulfill /untrue in the present time
·         S+would+V1, if +S+V2

If Clause Type III is used when the condition not possible to fulfill (too late)/untrue in the past time
·         S+would+have+V3, If +S+had+V3
6.    Depends on students’ capability
7.    Depends on students’ capability
8.    Depends on students’ capability
9.    It is an expression used to hope or express hope for another person's success or happiness or pleasure on a particular occasion.
10.    Depends on students’ capability















d. Lembar Portofolio
Daftar Nilai Hasil Karya Portofolio
Nama

Kelas dan NIS

Tanggal


No
Jenis
Skor Maksimal
Skor yang Diperoleh
1.
Pengantar yang berupa ringkasan pernyataan pribadi tentang diri sendiri (saat ini dan masa depan yang dicita-citakan) dan ihwal artefak pilihan siswa sebagai materi portofolio dan paparan proses pembelajarannya


2.
Tulisan siswa: factual report


3.
Presentasi lisan: factual report


4.
Lembar pengamatan sikap (Kompetensi Inti 1)


5.
Lembar pengamatan sikap (Kompetensi Inti 2)


6.
Lembar tes unjuk kerja


7.
Lembar tes tertulis