Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT 1 BE WISE AND INSPIRING

Satuan Pendidikan        :    Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran            :    English
Kelas/Semester             :    X / 1
Alokasi Waktu              :    20  x 45 menit

KOMPETENSI INTI

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
    kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian
   dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
   dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
    berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
    dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
    fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
    spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
    pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
    metode sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator

1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai 
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru
dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan 
      pada ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan, serta responnya, 
sesuai dengan konteks penggunaannya.

  3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada 
formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll.

3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada 
      ungkapan simpati, serta responnya, sesuai dengan konteks 
penggunaannya.
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
      menyatakan dan menanyakan tentang keharusan melakukan suatu
      tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu
lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang kecukupan untuk dapat/tidak
dapat melakukan/menjadi sesuatu, sesuai dengan konteks 
penggunaannya.
3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks recount berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan
datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks naratif berbentuk cerita pendek, sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk 
        menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan sebab akibat, sesuai 
dengan konteks penggunaannya.
3.11 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari 
        teks explanation tentang gejala alam, sesuai dengan konteks 
        pembelajaran lain di Kelas X.
3.12 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk 
        menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan antara dua benda 
atau tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.13 Menganalisis perbedaan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur 
        kebahasaan dari teks deskriptif dan teks explanation, sesuai dengan 
konteks penggunaannya.
3.14 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teksproverb dan riddle, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.15 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari 
lagu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan 
        merespon ajakan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan 
        fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai 
konteks.

4.2 Menangkap makna dan mengisi pada formulir isian yang digunakan di
perusahaan, bank, instansi, dll, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan
simpati, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan
datang, saat ini, atau waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.6 Menangkap makna dalam iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dari
media massa.
4.7 Menyusun teks tulis iklan barang, jasa dan, kegiatan (event) dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.8 Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, tentang laporan kerja dan
uraian peristiwa bersejarah.

4.9 Menyusun teks recount lisan dan tulis, tentang laporan kerja dan uraian
peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi
di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11 Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk cerita pendek
sederhana.
4.12 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
keterkaitan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.13 Menangkap makna teks explanation tentang gejala alam, sesuai dengan
konteks pembelajaran lain di Kelas X.
4.14 Menyunting teks explanation tentang gejala alam, sesuai dengan konteks
pembelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.15 Menyusun teks explanation tentang gejala alam, sesuai dengan konteks
pembelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.16 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
keterkaitan antara dua benda atau tindakan, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.17 Menyebutkan perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks
explanation, dilihat dari fungsi sosial, struktur teks, dan unsur 
kebahasaannya.
4.18Menangkap makna proverb dan riddle
4.19 Menangkap makna lagu.


PERTEMUAN I
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Membaca, menganalisis, dan mengeksplorasi mengenai berbagai teks recount berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah.

2.      Mempertanyakan antara lain perbedaan antara laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.

B.       Materi Pembelajaran

Struktur teks
(1) Orientasi: menyebutkan tujuan dan langkah-langkah tindakan dan kejadian secara umum
(2) Uraian tindakan/kejadian secara berurut dan runtut
(3) Penutup: komentar atau penilaian umum.
Unsur kebahasaan
- Kata-kata terkait dengan kegiatan siswa dan kejadian bersejarah yang banyak dibicarakan.
- Past: Simple, Continuous, Perfect tense
- Adverbial dan frasa preposisional yang menyatakan waktu, cara, dsb.
- Ucapan, rujukan kata tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Kegiatan siswa dalam proses pembelajaran, termasuk dalam mata pelajaran lain, dan peristiwa sejarah, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku kewirausahaan, daya juang, percaya diri, tanggung jawab, disiplin.

C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Metode                        :  cooperative learning
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media     : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2. Alat        : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3. Sumber  :Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.
E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.    Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
b.    Memberikan pertanyaan mengenai teks recount.
2.    Kegiatan Inti
a.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati (Observing)
1)   Menyimak mengenaimengenai berbagai teks recount berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah.
2)   Mendiskusikan dan menjawab berbagai teks recount pada berbagai wacana.
Menanya (Questioning)
1)   Meminta membuat kelompok dengan teman sebangkunya (berpasangan).
2)   Peserta didik secara berkelompok membaca laporan kerja dan menjawab pertanyaan yang ada pada buku.


Task
Halaman
Kegiatan
1
3
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu siswa berdiskusi secara klasikal tentang pemimpin negara, politikus, pekerja sosial, selebriti yang mereka kenal, menyampaikan alasan mengapa mereka dikenal.
2
3-4
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu guru membacakan teks recount berbentuk biografi tentang Sukarno, siswa diminta menjawab pertanyaan tentang isi wacana tersebut dengan memilih jawaban a, b, c, atau d sebagai jawaban yang paling tepat.
3
4
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu membacakan teks recount berbentuk biografi tentang Sukarno sekali lagi, siswa diminta menjawab benar atau salah pertanyaan tentang isi wacana tersebut.
4
5-6
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu siswa membacakan teks recount tentang R.A Kartini dengan ucapan dan intonasi yang benar.
5
6
Siswa diminta menjawab pertanyaan tentang isi wacana yang ada pada Task 4.
6
6
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu siswa membaca sejarah singkat Kerajaan Majapahit dan menjawab pertanyaan yang disediakan.
7
7
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu siswa menjawab pertanyaan tentang isi wacana yang ada pada Task 6.
8
7
Siswa diminta membaca kembali teks recount Kerajaan Majapahit dan menjawab 8 pertanyaan dalam buku siswa.

3.    Kegiatan Penutup
1)      Guru dapat menguatkan kembali materi mengenai ungkapan keterkaitan antara dua 
benda atau tindakan.
2)      Siswa menyimpulkan ungkapan keterkaitan antara dua benda atau tindakan secara 
umum.
3)   Siswa dapat melakukan refleksi jika ada masalah yang belum benar-benar dipahami.
4) Sebelum pembelajaran diakhiri, guru dapat memberikan arahan kepada siswa untuk
mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

PERTEMUAN II
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, penugasan, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Membacakan laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat.
2.      Membandingkan laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah berdasarkan fungsi sosial, struktur teks, dan elemen bahasanya.
B.       Materi Pembelajaran
Teks recount dan berbagai peristiwa bersejarah
1.    Memahami urutan kegiatan dalam sebuah kejadian atau peristiwa bersejarah.
2.    Membaca dan membandingkan peristiwa bersejarah dan teks laporan kerja.
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Mind Mapping
Metode                        :  Cooperative learning (diskusi kelompok, tanya jawab, belajar  
                                                  kooperatif, penugasan)
D.        Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.   Media     :  Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.   Alat        :  Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.   Sumber  : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1)      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2)      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3)      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan
topik “Urutan tema suatu kegiatan (rundown acara)”.
4)   Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5)   Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan
minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya.
2.    Kegiatan Inti
a.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.

Pengumpulan data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)   Berdiskusi dan melakukan tanya jawab mengenai teks recount dan teks laporan kerja, dengan membaca dan mendengarkan materinya terlebih dahulu.
2)   Menambahkan informasi yang didapatkannya dari media lain seperti buku atau internet.
Task
Halaman
Kegiatan
9
8
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, membaca laporan kerja ‘Trip to Bali’ dalam buku siswa.
10
9
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu siswa menjawab pertanyaan pada task 10 halaman 9.
11
9
Siswa diminta membaca teks Bandung Lautan Api pada halaman 9 dengan intonasi yang benar.
12
10
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa membaca kembali peristiwa bersejarah yang berjudul Bandung Lautan Api, siswa memasangkan kosa kata dengan arti kata yang tepat.
13
10
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu meminta siswa melengkapi kalimat rumpang dengan kosa kata yang tepat dari kata-kata dalam Task 12.
14
10
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa mengambil lima kata dari tabel dalam Task 12 dan menyusun kalimat.
15
11
Guru meminta siswa untuk membaca jurnal yang berjudul Nerina Klein’s Travel. Kemudian menjawab 10 pertanyaan.
16
12
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu siswa menjawab pertanyaan tentang isi wacana yang ada pada Task 15.
17
13
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa melengkapi paragraf rumpang tentang peristiwa bersejarah yang berjudul John F. Kenedy.
18
14
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu siswa menjawab pertanyaan tentang isi wacana yang ada pada Task 17.

3.    KegiatanPenutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN III
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, penugasan, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.   Menganalisis berbagai peristiwa bersejarah dan teks laporan kerja yang berfokus pada fungsi sosial, struktur teks dan elemen bahasa.
2.   Membuat dan mengomunikasikannya kembali pada teman dan guru mengenai berbagai peristiwa bersejarah dan teks laporan kerja.
B.        Materi Pembelajaran
Teks recount dan berbagai peristiwa bersejarah
1.      Teks laporan kegiatan atau peristiwa nyata.
2.      Penggunaan tanda baca yang benar.
3.      Perbedaan antara laporan kerja dan peristiwa sejarah.
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Student Facilitator, and Explaining
Metode                       :  Cooperative learning (diskusi kelompok, tanya jawab, belajar  
                                                  kooperatif, penugasan)
D.        Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.   Media     :  Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.   Alat        :  Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.   Sumber  :Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1)      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2)      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3)      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan
topik “ teks explanation dan laporan kerja”.
4)   Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5)   Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan
minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya.
2.      Kegiatan Inti
a.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengasosiasi (Associating)
1)   Setelah peserta didik menganalisis teks recount dan laporan kerja, peserta didik mengasosiasikan materi yang telah dipelajarinya.
2)   Peserta didik diminta untuk mengasosiasikan perbedaan pada teks report dan peristiwa bersejarah.
Mengomunikasikan (Communicating)
1)   Peserta didik menceritakan krakteristik perbedaan pada teks report dan peristiwa bersejarah.
2)   Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai peserta didik dan meluruskan jika terjadi kesalahan konsep.

Task
Halaman
Kegiatan
19
14
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa menganalisis laporan kerja dengan mengisi tabel yang disediakan.
20
15
Guru meminta siswa untuk menbaca contoh teks yang disediakan dan memperhatikan huruf-huruf yang dicetak tebal.
21
16
Siswa diminta menuliskan kembali kalimat-kalimat yang disediakan pada Task 21 dengan tanda baca yang benar.
22
16
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu meminta siswa membaca laporan berita berjudul Early Years Education for All in 2014 yang penggunaan huruf besarnya masih belum sempurna, siswa menuliskannya kembali dengan penggunaan huruf besar yang benar.
23
17
Guru meminta siswa bekerja secara berpasangan, lalu siswa mendiskusikan perbedaan antara laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah dengan melengkapi tabel yang disediakan.
English Project
18
Siswa diminta untuk bekerja dalam kelompok 4 orang, mengunjungi museum, atau tempat-tempat bersejarah, siswa membuat laporan kerja sesuai dalam bentuk Simple Past Tense dengan mengisi tabel yang disediakan dalam buku siswa.
English Project
19
Siswa diminta bekerja dalam kelompok 4 orang, membuat laporan kerja atau jurnal melalui. Siswa mempublikasikan hasil karyanya di majalah dinding atau website sekolah.

3.      KegiatanPenutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN IV
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.    Mendeskripsikan  mengenai kata hubung berpasangan pada bahasa Inggris.
2.    Mengidentifikasi karakteristik kata hubung berpasangan yang terdapat pada teks.
B.       Materi Pembelajaran
Kata hubung berpasangan pada bahasa Inggris.
1.      Kata hubung berpasangan yang terdapat pada teks bahasa Inggris
-          Both … and …
-          Either … or …
-          Neither … nor …
-          Not only … but also … etc.
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Student Facilitator, and Explaining
Metode                       :  Cooperative learning (diskusi kelompok, tanya jawab, belajar  
                                                  kooperatif, penugasan).
D.        Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.   Media     :  Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.   Alat        :  Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.   Sumber  :Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.
E.        Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
1)      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2)      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu 
tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3)      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan 
topik “paired conjunction”.
4)      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5)      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan 
minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya.
2.      Kegiatan Inti
a.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.

Mengamati (Observing)
1)   Menyimak teks yang didalamnya terdapat kata hubung berpasangan.
2)   Memahami penggunaan kata hubung berpasangan dalam kalimat bahasa Inggris.
Pengumpulan data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)      Membaca teks rumpang yang mengandung kata hubung berpasangan.
2)      Menganalisis teks rumpang yang mengandung kata hubung berpasangan.

Task
Halaman
Kegiatan
1
21
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa membaca jurnal pengalaman yang sudah disediakan.
2
21
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu siswa menjawab pertanyaan tentang isi wacana yang ada pada Task 1.
3
22
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa menuliskan kembali ungkapan keterkaitan antara dua benda atau tindakan yang ada pada jurnal pengalaman dalam Task 1 dengan melengkapi tabel yang sudah disediakan.
4
22
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, membacakan kalimat-kalimat yang mengandung ungkapan keterkaitan antara dua benda atau tindakan, siswa menirukan dengan ucapan dan intonasi yang benar.
5
22
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa mengidentifikasi kalimat-kalimat dalam Task 4, siswa melengkapi tabel Task 5 dengan bentuk-bentuk paired conjunction.
6
23
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa mengisi paragraf rumpang dengan bentuk paired conjunction yang tepat.
7
23
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa menggabungkan dua kalimat menjadi satu kalimat dengan menggunakan bentuk-bentuk paired conjunction.
8
24
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa menggabungkan dua kalimat menjadi satu kalimat dengan menggunakan bentuk-bentuk paired conjunction.
9
24
Siswa diminta untuk membaca teks yang berjudul Visiting Bali dengan ucapan dan intonasi yang benar.
10
25
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu siswa menuliskan 5 kalimat pada teks yang berjudul Visiting Bali yang menggandung bentuk-bentuk paired conjunction, siswa menuliskannya di dalam tabel yang disediakan.

3.      Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
PERTEMUAN V
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.    Membandingkan kalimat yang mengandung kata hubung berpasangan baik antara bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia.
2.    Membandingkan keadaan yang terjadi baik didalam maupun diluar kelas dengan menggunakan kata hubung berpasangan.
B.       Materi Pembelajaran
Kata hubung berpasangan pada bahasa Inggris
1.      Teks dengan kata hubung berpasangan.
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Group Investigation
Metode                        :  Kooperatif dan diskusi
D.        Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.   Media     :  Microsoft PowerPoint unit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.   Alat        :  Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.   Sumber  :Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.
E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan pendahuluan
1)      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2)      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu 
     tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
     lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3)      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan 
     topik “paired conjunction dalam teks ”.
4)      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5)      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan 
     minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka
     sesuai dengan minatnya.

2.      Kegiatan Inti
a.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
                   Mengasosiasi (associating)
1)      Mengasosiasikan materi dengan sumber lain yang dicari dari media internet.
Mengomunikasikan (communicating)
1)   Mengomunikasikan materi yang telah dipelajari pada aktivitas diluar dan didalam kelas.

Task
Halaman
Kegiatan
11
26
Siswa diminta bekerja dalam grup terdiri dari empat orang, lalu siswa melakukan beberapa aktifitas yang tercantum: mencari teks-teks lainnya yang mengandung bentuk-bentuk paired conjunction dari sumber lainnya, membandingkannya dengan teks-teks yang sudah dipelajari sebelumnya, lalu menuliskan hasilnya dan mempresentasikan hasil tersebut di depan kelas.
English Project
26
Siswa diminta membuat dialog sesuai tema dan membacakannya di depan kelas.

3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN VI
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1)      Membaca teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa dari berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya
2)      Mengobservasi teks iklan.
B.       Materi Pembelajaran
Teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dari berbagai sumber
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Group Investigation
Metode                        :  Kooperatif, dan diskusi
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.    Alat        : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.   Sumber  : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.
E.       Kegiatan pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
1.    Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru   
     menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.    Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu 
                   tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
                 lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.    Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai   
           dengan topik “advertisement”.
4.    Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.    Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan 
      minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka
      sesuai dengan minatnya.


2.      Kegiatan Inti
a.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati (observing)
1)      Mengamati gambar iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dan menjawab pertanyaan yang disediakan.
Menanya (questioning)
1)   Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan mengenai teks iklan yang telah diberikan sebelumnya.

Task
Halaman
Kegiatan
1
28
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa menjawab pertanyaan tentang gambar-gambar iklan.
2
28
Siswa diminta siswa untuk membaca iklan yang disediakan. Kemudian menjawab 5 pertanyaan.
3
29
Siswa diminta siswa untuk membaca iklan yang disediakan.
4
30
Siswa diminta siswa bekerja secara berpasangan, lalu siswa melakukan scanning dan skimming dari iklan dalam Task 3 dengan menjawab 5 pertanyaan dalam buku siswa.
5
30
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu siswa untuk membaca dan mendiskusikan iklan yang disediakan.
6
31
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, lalu siswa menjawab pertanyaan tentang iklan yang ada pada Task 5.

3.    KegiatanPenutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN VII
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1)    Menganalisis teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dari media massa dengan     
      memperhatikan format penulisannya melalui strategi yang digunakan.
2)   Membuat teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dalam kerja kelompok.

B.       Materi Pembelajaran
Teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dari media massa.


C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Snowball Throwing
Metode                        :  Kooperatif, dan diskusi
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.    Alat        : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.   Sumber  : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.

E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru   
     menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.   Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu 
                   tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
                 lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.   Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai   
           dengan topik “advertisement”.
4.   Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.   Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan 
      minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka
      sesuai dengan minatnya.
2.    Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Pengumpulan data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)   Mengumpulkan informasi tambahan dan gambar tentang teks iklan barang, jasa, dan  
   kegiatan (event) lain dari berbagai sumber.
2)   Melakukan tanya jawab tentang teks iklan barang, jasa dan kegiatan lain.
Mengasosiasi (Associating)
1)   Mencatat informasi baru yang didapatkan di pencarian informasi tambahan tentang teks  
   iklan barang, jasa, dan kegiatan (event).
2)   Menyimpulkan hasil diskusi dan tanya jawab tentang teks iklan barang, jasa dan  
     kegiatan lain.
Mengomunikasikan (Communicating)
1)   Peserta didik bekerja dalam grup dan berlatih membuat teks iklan barang, jasa, dan kegiatan lain setelah sebelumnya mengobservasi, mengeksplorasi dan mengasosiasikan materi yang telah dipelajari pada pertemuan ini.
2)    
Task
Halaman
Kegiatan
7
31
Siswa diminta untuk membaca iklan yang disediakan. Kemudian menjawab 5 pertanyaan.
8
32
Siswa diminta untuk membaca iklan yang disediakan. Kemudian menjawab 5 pertanyaan.
9
33
Siswa diminta untuk membaca dan memerhati-kan dengan saksama iklan yang disediakan.
10
34
Siswa diminta bekerja dalam kelompok 4 orang, lalu siswa mengidentifikasi iklan-iklan dalam Task 9 dengan informasi yang sesuai.
English Project
34
Guru meminta siswa untuk bekerja dalam kelompok 4 orang, lalu siswa membuat iklan berbentuk flyer dengan memilih salah satu topik: pekerjaan, gadget, atau kegiatan.


3.      KegiatanPenutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN VIII
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.        Mempertanyakan antara lain macam-macam interaksi makna yang ada di balik suatu lagu.
2.        Mendengarkan teks lagu dengan unsur-unsur bahasa yang tepat dan sesuai.
B.       Materi Pembelajaran
Teks lagu
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Metode                        :  Observasi, dan diskusi
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.    Alat        : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.   Sumber  : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.
E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru   
     menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.   Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu 
                   tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
                 lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.   Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai   
           dengan topik “lagu dan liriknya”.
4.   Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.   Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan 
      minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka
      sesuai dengan minatnya.


2.      Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati (Observing)
1)   Peserta didik mengamati lirik lagu yang telah disediakan dan menjawab pertanyaan setelah lirik lagu tersebut dipahami.
2)   Mendengarkan dengan saksama kata rumpang yang terdapat pada lirik lagu.
Menanya (Questioning)
1)   Siswa memahami dan bertanya mengenai fungsi sosial, ekspresi, dan elemen bahasa yang terdapat pada sebuah lirik lagu.

Task
Halaman
Kegiatan
1
36
Siswa diminta untuk bekerja secara kelompok 3 orang, lalu siswa untuk membaca lirik lagu berjudul Firework dengan ucapan dan intonasi yang benar, lalu siswa menjawab pertanyaan yang disediakan.
2
38
Siswa diminta untuk bekerja berpasangan, lalu siswa untuk mengunduh lagu berjudul We Are Young, lalu siswa mengisi kalimat rumpang dalam teks lirik lagu tersebut sambil mendengarkan lagu tersebut.
3
39
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa untuk membaca lirik lagu berjudul Graduation (Friends Forever), lalu siswa menjawab 5 pertanyaan yang disediakan.


3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN IX
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Membandingkan teks lagu yang satu dengan yang lainnya.
2.      Memahami macam-macam interaksi makna yang ada di balik suatu lagu.
B.       Materi Pembelajaran
Teks lagu
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Jigsaw
Metode                        :  eksplorasi dan diskusi


D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.    Alat        : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.   Sumber  : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.

E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru   
     menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.   Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu 
                   tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
                 lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.   Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai   
           dengan topik “lagu dan liriknya”.
4.   Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.   Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan 
      minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka
      sesuai dengan minatnya.
2.      Kegiatan Inti
a.    Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Pengumpulan data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)   Secara acak, peserta didik memyampaikan hasil diskusi dengan kelompoknya.
2)   Menambahkan informasi yang didapatkan dari media lain seperti buku atau internet.
Mengasosiasi (Associating)
1)   Mencatat informasi baru yang didapatkan dari pendataan informasi yang didapatkan dari teman mengenai lagu yang disukainya.

Task
Halaman
Kegiatan
4
41
Siswa diminta untuk bekerja secara kelompok, lalu siswa untuk mencari lirik lagu lainnya dan mengisi tabel dengan informasi mengenai lagu tersebut seperti yang disediakan.
5
41
Siswa diminta untuk bekerja berpasangan, lalu siswa mendiskusikan pertanyaan yang disediakan.
6
42
Siswa diminta untuk bekerja secara berkelompok dalam jumlah 4 orang , lalu siswa menanyakan pada temannya mengenai penyanyi favorit mereka baik dalam maupun luar negeri dengan melengkapi tabel yang disediakan.
7
42
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa membaca lirik lagu berjudul You Raised Me Up, lalu siswa menjawab pertanyaan yang disediakan.

3.    KegiatanPenutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN X
A.       Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Membuat isu-isu yang terjadi dalam lagu-lagu berbahasa Inggris.
2.      Membawakan lagu dalam sebuah kelompok bersama teman-teman.
B.       Materi pembelajaran
Teks lagu
C.       Metode pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Skrip Kooperatif
Metode                        :  Diskusi dan penugasan
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.    Alat        : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer  
                  dan Proyektor.
3.   Sumber  : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.

E.       Kegiatan pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru   
     menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.   Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu 
                   tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
                 lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.   Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai   
           dengan topik “mengenal peristiwa dan tokoh penting”.
4.   Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.   Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan 
      minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka
      sesuai dengan minatnya. 
2.      Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengomunikasikan (communicating)
1)   Menampilkan hasil pencarian lirik lagu dengan unsur-unsur bahasa yang tepat dan sesuai.
3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PENILAIAN
1.      Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti I dan II
·     Pengamatan Sikap
·      Lembar Pengamatan Sikap Rubrik
Kompetensi III dan IV
·     Tes Unjuk Kerja
·      Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
·     Tes Tertulis
·      Tes Uraian, Pilihan ganda, tabel pengamatan, atau lembar kerja siswa.
·     Portofolio
·      Panduan Penyusunan Portofolio

2.      Contoh Instrumen
a.    Lembar Pengamatan Sikap
                             i.     Kompetensi Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
4  =   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3  =   sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2  =   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 =   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Siswa                   : ………………….
Kelas                             : ………………….
Tanggal Pengamatan      : …………………..
Materi Pokok                 : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
Ket.
1
2
3
4
1
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari biosfer (persebaran flora dan fauna)





2
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu





3
Mengucapkan rasa syukur atas  biosfer (persebaran flora dan fauna)





3
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi





4
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik Sekali        : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                   : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup                : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang               : apabila memperoleh skor  1 - 4

                           ii.     Kompetensi Inti II
1.    Peduli
Pedoman Observasi Sikap Peduli
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial siswa dalam kepedulian. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap kepedulian  yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
4   =   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3   =   sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan  kadang-kadang tidak melakukan
2   =   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1   =   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Siswa              : ………………….
Kelas                        : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok            : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
Ket.
1
2
3
4
1
Menjaga kerapihan dan kebersihan kelas





2
Suka menolong teman/orang lain





3
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan





4
Menghargai pendapat orang lain





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik Sekali        :  apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                  :  apabila memperoleh skor  9 - 12
Cukup               :  apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang              :  apabila memperoleh skor  1 - 4

2.    Tanggung Jawab
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
4  =   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3  =   sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2  =   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1  =   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Siswa                 : ………………….
Kelas                            : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok               : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
Ket.
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu atau kelompok dengan baik





2
Menerima resikodari tindakan yang dilakukan





3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat





4
Mengembalikan barang yang dipinjam





5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik Sekali        :  apabila memperoleh skor  16 - 20
Baik                   :  apabila memperoleh skor  11 - 15
Cukup               :  apabila memperoleh skor  6 – 10
Kurang              :  apabila memperoleh skor  1 - 5

3.    Disiplin
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya       =   apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak   =   apabila siswa tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.

Nama Siswa                 : ………………….
Kelas                            : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok               : …………………..
No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ket.
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu



2
Mengumpulkan tugas tepat waktu



3
Memakai seragam sesuai tata tertib



4
Mengerjakan tugas yang diberikan



5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran



6
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan



7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran



8
Membawa buku teks mata pelajaran



Jumlah




Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik Sekali        :    apabila terdapat  7 – 8 jawaban YA
Baik                  :    apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA
Cukup               :    apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA
Kurang              :    apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA

b.    Lembar Tes Unjuk Kerja
No
Aspek yang dimiliki
Ya
Tidak
Ket
1
Ketelitian mengamati lingkungan



2
Pemahaman akan konsep



3
Kecermatan dalam menghubungkan teori dengan kenyataan dilapangan.



4
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik



5
Mampu mengajukan permasalahan (Pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)



6
Mampu menyajikan penyelesaian dari Suatu permasalahan




Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik         :    apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA
Cukup      :    apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA
Kurang     :    apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA

c.       Lembar Tes Tertulis
1.    In your opinion, what is idol? Who is your idol?
2.    Is it important for you having an idol in your life? What’s the reason?
3.    Make fife simple sentence using paired conjunctin below;
-   both...and...
-   either...or...
-   neither...nor...
-   not only...but also...
4.    In your opinion, should an advertisement has the goal for the reader? Why?
5.    Find your own favorite song, then complete the table below

Song
Title

Song writer

Singer

Messages


d.      Lembar Portofolio
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
                                                                                                            
Keterangan:
·         Pengorganisasian pembelajaran pada suatu pertemuan mengacu pada pembelajaran di dalam silabus.
·         Bisa juga, pengorganisasian pembelajaran dibantu dengan “jadwal matapelajaran” sesuai struktur kurikulum SMA, dengan catatan:
o  Alokasi waktu untuk setiap matapelajaran dalam “jadwal matapelajaran” tersebut relatif fleksibel, disesuaikan dengan tema/sub tema dan kompleksitas kompetensi yang dibelajarkan.
o  Kegiatan Pembelajaran harus mencakup pembelajaran dalam silabus.
o  Contoh RPP ini tidak mencakup seluruh pertemuan.





..............., .....................
Mengetahui                                                       
Kepala Sekolah                                                   Guru Mata Pelajaran



......................................                                     ......................................
NIP.                                                                    NIP.


DOWNLOAD SEMUA DISINI