Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT 1 BE WISE AND INSPIRING
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : English
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 20 x 45 menit
KOMPETENSI
INTI
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap
sebagai bagian
dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial
dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora
dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metode
sesuai kaidah keilmuan.
|
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
PERTEMUAN
I
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa
diharapkan mampu:
1. Membaca, menganalisis,
dan mengeksplorasi mengenai berbagai teks recount berbentuk laporan
kerja dan uraian peristiwa bersejarah.
2. Mempertanyakan antara lain perbedaan
antara laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah yang ada dalam bahasa
Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia.
|
B. Materi
Pembelajaran
|
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi
pembelajaran : Pembelajaran Student
Teams Achievement Divisions (STAD)
Metode : cooperative learning
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan
sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3. Sumber :Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan
sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
a.
Apersepsi:
guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
b.
Memberikan
pertanyaan mengenai teks recount.
2. Kegiatan
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan
berikut.
Mengamati (Observing)
1) Menyimak mengenaimengenai
berbagai teks recount berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa
bersejarah.
2) Mendiskusikan
dan menjawab berbagai teks recount pada berbagai wacana.
Menanya (Questioning)
1)
Meminta
membuat kelompok dengan teman sebangkunya (berpasangan).
2)
Peserta
didik secara berkelompok membaca laporan kerja dan menjawab pertanyaan yang
ada pada buku.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
|
1
|
3
|
|
|
2
|
3-4
|
|
|
3
|
4
|
|
|
4
|
5-6
|
|
|
5
|
6
|
|
|
6
|
6
|
|
|
7
|
7
|
|
|
8
|
7
|
|
3. Kegiatan
Penutup
1) Guru
dapat menguatkan kembali materi mengenai ungkapan keterkaitan antara dua
benda
atau tindakan.
2) Siswa
menyimpulkan ungkapan keterkaitan antara dua benda atau tindakan secara
umum.
3) Siswa dapat melakukan refleksi jika ada
masalah yang belum benar-benar dipahami.
4) Sebelum
pembelajaran diakhiri, guru dapat memberikan arahan kepada siswa untuk
mempelajari materi
yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
PERTEMUAN II
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, penugasan, setelah mempelajari
unit ini siswa diharapkan mampu:
1. Membacakan laporan kerja dan uraian
peristiwa bersejarah kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang
tepat.
|
2. Membandingkan
laporan
kerja dan uraian peristiwa bersejarah berdasarkan fungsi sosial, struktur teks, dan elemen
bahasanya.
B. Materi
Pembelajaran
Teks recount dan berbagai peristiwa bersejarah
1.
Memahami urutan kegiatan dalam sebuah kejadian atau
peristiwa bersejarah.
2.
Membaca dan membandingkan peristiwa bersejarah dan
teks laporan kerja.
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Mind Mapping
Metode : Cooperative
learning (diskusi kelompok, tanya jawab, belajar
kooperatif, penugasan)
D.
Sumber/ Bahan/ Alat
Belajar
1.
Media : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan
sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan
sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1) Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2)
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan
suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan
ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3)
Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dengan
topik “Urutan tema suatu kegiatan (rundown acara)”.
4) Guru mengajak siswa untuk
berdiskusi tentang gambar.
5) Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin
meningkatkan
minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan
untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya.
2. Kegiatan
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan
berikut.
Pengumpulan data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)
Berdiskusi
dan melakukan tanya jawab mengenai teks recount dan teks laporan kerja, dengan membaca
dan mendengarkan materinya terlebih dahulu.
2)
Menambahkan
informasi yang didapatkannya dari media lain seperti buku atau internet.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
9
|
8
|
Siswa diminta
bekerja secara berpasangan, membaca laporan kerja ‘Trip to Bali’ dalam
buku siswa.
|
10
|
9
|
Siswa diminta
bekerja secara berpasangan, lalu siswa menjawab pertanyaan pada task 10 halaman 9.
|
11
|
9
|
Siswa diminta membaca teks Bandung Lautan Api pada halaman 9 dengan
intonasi yang benar.
|
12
|
10
|
Siswa diminta
untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa membaca kembali peristiwa
bersejarah yang berjudul Bandung Lautan Api, siswa memasangkan kosa
kata dengan arti kata yang tepat.
|
13
|
10
|
Siswa diminta
untuk bekerja secara berpasangan, lalu meminta siswa melengkapi kalimat
rumpang dengan kosa kata yang tepat dari kata-kata dalam Task 12.
|
14
|
10
|
Siswa diminta
untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa mengambil lima kata dari tabel
dalam Task 12
dan menyusun kalimat.
|
15
|
11
|
Guru meminta
siswa untuk membaca jurnal yang berjudul Nerina Klein’s Travel.
Kemudian menjawab 10 pertanyaan.
|
16
|
12
|
Siswa diminta
bekerja secara berpasangan, lalu siswa menjawab pertanyaan tentang isi wacana
yang ada pada Task 15.
|
17
|
13
|
Siswa diminta
untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa melengkapi paragraf rumpang
tentang peristiwa bersejarah yang berjudul John F. Kenedy.
|
18
|
14
|
Siswa diminta
bekerja secara berpasangan, lalu siswa menjawab pertanyaan tentang isi wacana
yang ada pada Task 17.
|
3. KegiatanPenutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa
mengenai materi yang telah disampaikan.
c.
Mengingatkan
siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup
dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
PERTEMUAN
III
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, penugasan, setelah mempelajari
unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menganalisis berbagai peristiwa bersejarah dan teks
laporan kerja yang berfokus pada fungsi sosial, struktur teks dan elemen
bahasa.
2.
Membuat dan mengomunikasikannya kembali pada teman dan
guru mengenai berbagai peristiwa bersejarah dan teks laporan kerja.
B.
Materi Pembelajaran
Teks recount dan berbagai
peristiwa bersejarah
1. Teks
laporan kegiatan atau peristiwa nyata.
2. Penggunaan
tanda baca yang benar.
3. Perbedaan
antara laporan kerja dan peristiwa sejarah.
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Student Facilitator, and Explaining
Metode : Cooperative
learning (diskusi kelompok, tanya jawab, belajar
kooperatif, penugasan)
D.
Sumber/ Bahan/ Alat
Belajar
1.
Media : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan
sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3. Sumber :Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan
sekitar.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1) Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2)
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan
suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli,
dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3)
Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dengan
topik “ teks explanation
dan laporan kerja”.
4) Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang
gambar.
5) Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin
meningkatkan
minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan
untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya.
2. Kegiatan
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan
berikut.
Mengasosiasi (Associating)
1)
Setelah
peserta didik menganalisis teks recount
dan laporan kerja, peserta didik mengasosiasikan materi yang telah
dipelajarinya.
2)
Peserta
didik diminta untuk mengasosiasikan perbedaan pada teks report dan
peristiwa bersejarah.
Mengomunikasikan (Communicating)
1)
Peserta
didik menceritakan krakteristik perbedaan pada teks report dan peristiwa bersejarah.
2)
Memberikan
penegasan pada materi yang harus dikuasai peserta didik dan meluruskan jika terjadi
kesalahan konsep.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
19
|
14
|
Siswa
diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa menganalisis laporan
kerja dengan mengisi tabel yang disediakan.
|
20
|
15
|
Guru meminta
siswa untuk menbaca contoh teks yang disediakan dan memperhatikan huruf-huruf
yang dicetak tebal.
|
21
|
16
|
Siswa diminta
menuliskan kembali kalimat-kalimat yang disediakan pada Task 21 dengan tanda baca yang benar.
|
22
|
16
|
Siswa diminta
bekerja secara berpasangan, lalu meminta siswa membaca laporan berita berjudul
Early Years Education for All in 2014 yang penggunaan huruf besarnya
masih belum sempurna, siswa menuliskannya kembali dengan penggunaan huruf
besar yang benar.
|
23
|
17
|
Guru meminta
siswa bekerja secara berpasangan, lalu siswa mendiskusikan perbedaan antara
laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah dengan melengkapi tabel yang
disediakan.
|
English Project
|
18
|
Siswa diminta
untuk bekerja dalam kelompok 4 orang, mengunjungi museum, atau tempat-tempat
bersejarah, siswa membuat laporan kerja sesuai dalam bentuk Simple Past
Tense dengan mengisi tabel yang disediakan dalam buku siswa.
|
English Project
|
19
|
Siswa diminta
bekerja dalam kelompok 4 orang, membuat laporan kerja atau jurnal melalui.
Siswa mempublikasikan hasil karyanya di majalah dinding atau website sekolah.
|
3. KegiatanPenutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa
mengenai materi yang telah disampaikan.
c.
Mengingatkan
siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup
dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
PERTEMUAN
IV
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit
ini siswa diharapkan mampu:
1.
Mendeskripsikan mengenai kata hubung berpasangan pada bahasa Inggris.
2.
Mengidentifikasi
karakteristik kata hubung berpasangan yang terdapat pada teks.
B. Materi
Pembelajaran
Kata hubung berpasangan pada bahasa Inggris.
1.
Kata hubung berpasangan yang terdapat pada teks bahasa
Inggris
-
Both …
and …
-
Either …
or …
-
Neither …
nor …
-
Not only
… but also … etc.
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran
Student Facilitator, and Explaining
Metode : Cooperative learning (diskusi kelompok, tanya jawab,
belajar
kooperatif, penugasan).
D.
Sumber/ Bahan/ Alat
Belajar
1.
Media : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan
sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber :Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan
sekitar.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1) Sebelum pembelajaran
dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2)
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan
suatu
tindakan agar dapat
mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui
observasi teks/dialog.
3)
Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dengan
topik “paired conjunction”.
4)
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5) Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin
meningkatkan
minatnya, dan bagaimana usaha-usaha
mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya.
2. Kegiatan
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan
berikut.
Mengamati (Observing)
1)
Menyimak teks yang didalamnya terdapat kata hubung
berpasangan.
2)
Memahami penggunaan kata hubung berpasangan dalam
kalimat bahasa Inggris.
Pengumpulan data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)
Membaca
teks rumpang yang mengandung kata hubung berpasangan.
2)
Menganalisis
teks rumpang yang mengandung kata hubung berpasangan.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
1
|
21
|
Siswa diminta
untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa membaca jurnal pengalaman yang
sudah disediakan.
|
2
|
21
|
Siswa diminta
bekerja secara berpasangan, lalu siswa menjawab pertanyaan tentang isi wacana
yang ada pada Task 1.
|
3
|
22
|
Siswa diminta
untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa menuliskan kembali ungkapan
keterkaitan antara dua benda atau tindakan yang ada pada jurnal pengalaman
dalam Task 1 dengan melengkapi tabel yang sudah disediakan.
|
4
|
22
|
Siswa diminta
untuk bekerja secara berpasangan, membacakan kalimat-kalimat yang mengandung
ungkapan keterkaitan antara dua benda atau tindakan, siswa menirukan dengan
ucapan dan intonasi yang benar.
|
5
|
22
|
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa
mengidentifikasi kalimat-kalimat dalam Task 4, siswa melengkapi tabel Task 5
dengan bentuk-bentuk paired
conjunction.
|
6
|
23
|
Siswa diminta
untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa mengisi paragraf rumpang dengan
bentuk paired conjunction yang tepat.
|
7
|
23
|
Siswa diminta
untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa menggabungkan dua kalimat
menjadi satu kalimat dengan menggunakan bentuk-bentuk paired conjunction.
|
8
|
24
|
Siswa diminta
untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa menggabungkan dua kalimat
menjadi satu kalimat dengan menggunakan bentuk-bentuk paired conjunction.
|
9
|
24
|
Siswa diminta
untuk membaca teks yang berjudul Visiting Bali dengan ucapan dan
intonasi yang benar.
|
10
|
25
|
Siswa diminta
bekerja secara berpasangan, lalu siswa menuliskan 5 kalimat pada teks yang
berjudul Visiting Bali yang menggandung bentuk-bentuk paired
conjunction, siswa menuliskannya di dalam tabel yang disediakan.
|
3. Kegiatan
Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa
mengenai materi yang telah disampaikan.
c.
Mengingatkan
siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup
dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
PERTEMUAN
V
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit
ini siswa diharapkan mampu:
1.
Membandingkan kalimat yang mengandung kata hubung
berpasangan baik antara bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia.
2.
Membandingkan keadaan yang terjadi baik didalam maupun
diluar kelas dengan menggunakan kata hubung berpasangan.
B. Materi
Pembelajaran
Kata hubung berpasangan pada bahasa Inggris
1. Teks
dengan kata hubung berpasangan.
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Group Investigation
Metode : Kooperatif dan diskusi
D.
Sumber/ Bahan/ Alat
Belajar
1.
Media : Microsoft PowerPoint unit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan
sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber :Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan
sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
pendahuluan
1) Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2)
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan
suatu
tindakan agar dapat
mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui
observasi teks/dialog.
3)
Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dengan
topik “paired conjunction
dalam teks ”.
4)
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5) Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan
minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai
cita-cita mereka
sesuai dengan minatnya.
2. Kegiatan
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan
berikut.
Mengasosiasi (associating)
1)
Mengasosiasikan
materi dengan sumber lain yang dicari dari media internet.
Mengomunikasikan (communicating)
1)
Mengomunikasikan
materi yang telah dipelajari pada aktivitas diluar dan didalam kelas.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
11
|
26
|
Siswa diminta
bekerja dalam grup terdiri dari empat orang, lalu siswa melakukan beberapa
aktifitas yang tercantum: mencari teks-teks lainnya yang mengandung
bentuk-bentuk paired conjunction dari sumber lainnya, membandingkannya
dengan teks-teks yang sudah dipelajari sebelumnya, lalu menuliskan hasilnya
dan mempresentasikan hasil tersebut di depan kelas.
|
English
Project
|
26
|
Siswa diminta
membuat dialog sesuai tema dan membacakannya di depan kelas.
|
3. Kegiatan
Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa
mengenai materi yang telah disampaikan.
c.
Mengingatkan
siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup
dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
PERTEMUAN
VI
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit
ini siswa diharapkan mampu:
1)
Membaca teks iklan barang,
jasa, dan kegiatan (event) di media massa dari berbagai sumber dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format
penyampaian/penulisannya
2) Mengobservasi teks iklan.
B. Materi
Pembelajaran
Teks
iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dari berbagai sumber
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Group Investigation
Metode : Kooperatif, dan diskusi
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1.
Media : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan
sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan
sekitar.
E. Kegiatan
pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1. Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru
menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan
suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur,
tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.
Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
dengan topik “advertisement”.
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin
meningkatkan
minatnya, dan bagaimana usaha-usaha
mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka
sesuai dengan minatnya.
2. Kegiatan
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan
berikut.
Mengamati (observing)
1)
Mengamati
gambar iklan barang, jasa, dan kegiatan (event)
dan menjawab pertanyaan yang disediakan.
Menanya (questioning)
1)
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diberikan mengenai teks iklan yang telah diberikan
sebelumnya.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
1
|
28
|
Siswa diminta
untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa menjawab pertanyaan tentang
gambar-gambar iklan.
|
2
|
28
|
Siswa diminta
siswa untuk membaca iklan yang disediakan. Kemudian menjawab 5 pertanyaan.
|
3
|
29
|
Siswa diminta
siswa untuk membaca iklan yang disediakan.
|
4
|
30
|
Siswa diminta
siswa bekerja secara berpasangan, lalu siswa melakukan scanning dan skimming
dari iklan dalam Task 3 dengan menjawab 5 pertanyaan dalam buku siswa.
|
5
|
30
|
Siswa diminta
bekerja secara berpasangan, lalu siswa untuk membaca dan mendiskusikan iklan
yang disediakan.
|
6
|
31
|
Siswa diminta
bekerja secara berpasangan, lalu siswa menjawab pertanyaan tentang iklan yang
ada pada Task 5.
|
3. KegiatanPenutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa
mengenai materi yang telah disampaikan.
c.
Mengingatkan
siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup
dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
PERTEMUAN
VII
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit
ini siswa diharapkan mampu:
1)
Menganalisis teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event)
dari media massa dengan
memperhatikan
format penulisannya melalui strategi yang digunakan.
2)
Membuat teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event)
dalam kerja kelompok.
B. Materi
Pembelajaran
Teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dari media massa.
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Snowball Throwing
Metode : Kooperatif, dan diskusi
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1.
Media : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan
sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan
sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1. Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru
menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2. Guru mengarahkan siswa
agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat
mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3. Guru melakukan apersepsi
sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
dengan topik “advertisement”.
4. Guru mengajak siswa untuk
berdiskusi tentang gambar.
5. Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin
meningkatkan
minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai
cita-cita mereka
sesuai dengan minatnya.
2. Kegiatan
Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Pengumpulan data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)
Mengumpulkan
informasi tambahan dan gambar tentang teks iklan barang, jasa, dan
kegiatan (event) lain dari berbagai sumber.
2)
Melakukan
tanya jawab tentang teks iklan barang, jasa dan kegiatan lain.
Mengasosiasi (Associating)
1)
Mencatat
informasi baru yang didapatkan di pencarian informasi tambahan tentang teks
iklan barang, jasa, dan kegiatan (event).
2)
Menyimpulkan
hasil diskusi dan tanya jawab tentang teks iklan barang, jasa dan
kegiatan lain.
Mengomunikasikan (Communicating)
1)
Peserta
didik bekerja dalam grup dan berlatih membuat teks iklan barang, jasa, dan
kegiatan lain setelah sebelumnya mengobservasi, mengeksplorasi dan
mengasosiasikan materi yang telah dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
7
|
31
|
Siswa
diminta untuk membaca iklan yang disediakan. Kemudian menjawab 5 pertanyaan.
|
8
|
32
|
Siswa
diminta untuk membaca iklan yang disediakan. Kemudian menjawab 5 pertanyaan.
|
9
|
33
|
Siswa
diminta untuk membaca dan memerhati-kan dengan saksama iklan yang disediakan.
|
10
|
34
|
Siswa
diminta bekerja dalam kelompok 4 orang, lalu siswa mengidentifikasi
iklan-iklan dalam Task 9 dengan informasi yang sesuai.
|
English Project
|
34
|
Guru
meminta siswa untuk bekerja dalam kelompok 4 orang, lalu siswa membuat iklan
berbentuk flyer dengan memilih salah satu topik: pekerjaan, gadget,
atau kegiatan.
|
3. KegiatanPenutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa
mengenai materi yang telah disampaikan.
c.
Mengingatkan
siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup
dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
PERTEMUAN
VIII
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit
ini siswa diharapkan mampu:
1.
Mempertanyakan antara lain
macam-macam interaksi makna yang ada di balik suatu lagu.
2.
Mendengarkan teks lagu dengan
unsur-unsur bahasa yang tepat dan sesuai.
B. Materi
Pembelajaran
Teks lagu
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Student
Teams Achievement Divisions (STAD)
Metode : Observasi, dan diskusi
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1.
Media : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan
sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan
sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1. Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru
menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2. Guru mengarahkan siswa
agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat
mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3. Guru melakukan apersepsi
sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
dengan topik “lagu
dan liriknya”.
4. Guru mengajak siswa untuk
berdiskusi tentang gambar.
5. Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin
meningkatkan
minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai
cita-cita mereka
sesuai dengan minatnya.
2. Kegiatan
Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati (Observing)
1)
Peserta
didik mengamati lirik lagu yang telah disediakan dan menjawab pertanyaan
setelah lirik lagu tersebut dipahami.
2)
Mendengarkan
dengan saksama kata rumpang yang terdapat pada lirik lagu.
Menanya (Questioning)
1)
Siswa
memahami dan bertanya mengenai fungsi sosial, ekspresi, dan elemen bahasa yang
terdapat pada sebuah lirik lagu.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
1
|
36
|
Siswa
diminta untuk bekerja secara kelompok 3 orang, lalu siswa untuk membaca lirik
lagu berjudul Firework dengan ucapan dan intonasi yang benar, lalu siswa
menjawab pertanyaan yang disediakan.
|
2
|
38
|
Siswa
diminta untuk bekerja berpasangan, lalu siswa untuk mengunduh lagu berjudul We
Are Young, lalu siswa mengisi kalimat rumpang dalam teks lirik lagu
tersebut sambil mendengarkan lagu tersebut.
|
3
|
39
|
Siswa
diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa untuk membaca lirik lagu
berjudul Graduation (Friends Forever), lalu siswa menjawab 5 pertanyaan yang disediakan.
|
3. Kegiatan
Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa
mengenai materi yang telah disampaikan.
c.
Mengingatkan
siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup
dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
PERTEMUAN
IX
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit
ini siswa diharapkan mampu:
1.
Membandingkan teks lagu yang
satu dengan yang lainnya.
2.
Memahami
macam-macam interaksi makna yang ada di balik suatu lagu.
B. Materi
Pembelajaran
Teks lagu
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Jigsaw
Metode : eksplorasi dan diskusi
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan
sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3. Sumber : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan
sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1. Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru
menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2. Guru mengarahkan siswa
agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat
mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3. Guru melakukan apersepsi
sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
dengan topik “lagu
dan liriknya”.
4. Guru mengajak siswa untuk
berdiskusi tentang gambar.
5. Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin
meningkatkan
minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai
cita-cita mereka
sesuai dengan minatnya.
2. Kegiatan
Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada
metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan
berikut.
Pengumpulan data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)
Secara
acak, peserta didik memyampaikan hasil diskusi dengan kelompoknya.
2)
Menambahkan
informasi yang didapatkan dari media lain seperti buku atau internet.
Mengasosiasi (Associating)
1)
Mencatat
informasi baru yang didapatkan dari pendataan informasi yang didapatkan dari
teman mengenai lagu yang disukainya.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
4
|
41
|
Siswa
diminta untuk bekerja secara kelompok, lalu siswa untuk mencari lirik lagu
lainnya dan mengisi tabel dengan informasi mengenai lagu tersebut seperti
yang disediakan.
|
5
|
41
|
Siswa
diminta untuk bekerja berpasangan, lalu siswa mendiskusikan pertanyaan yang
disediakan.
|
6
|
42
|
Siswa
diminta untuk bekerja secara berkelompok dalam jumlah 4 orang , lalu siswa
menanyakan pada temannya mengenai penyanyi favorit mereka baik dalam maupun
luar negeri dengan melengkapi tabel yang disediakan.
|
7
|
42
|
Siswa
diminta untuk bekerja secara berpasangan, lalu siswa membaca lirik lagu
berjudul You Raised Me Up, lalu
siswa menjawab pertanyaan yang disediakan.
|
3. KegiatanPenutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa
mengenai materi yang telah disampaikan.
c.
Mengingatkan
siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup
dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
PERTEMUAN
X
A. Tujuan
pembelajaran
Melalui
kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan belajar kooperatif, setelah mempelajari unit
ini siswa diharapkan mampu:
1.
Membuat isu-isu yang terjadi
dalam lagu-lagu berbahasa Inggris.
2.
Membawakan
lagu dalam sebuah kelompok bersama teman-teman.
B. Materi
pembelajaran
Teks lagu
C. Metode
pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Skrip Kooperatif
Metode : Diskusi dan penugasan
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPointunit 1 Buku English Skills for the Future 1
2. Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan
sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer
dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan
sekitar.
E. Kegiatan
pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1. Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru
menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2. Guru mengarahkan siswa
agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat
mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3. Guru melakukan apersepsi
sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
dengan topik “mengenal peristiwa
dan tokoh penting”.
4. Guru mengajak siswa untuk
berdiskusi tentang gambar.
5. Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin
meningkatkan
minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai
cita-cita mereka
sesuai dengan minatnya.
2. Kegiatan
Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengomunikasikan (communicating)
1)
Menampilkan
hasil pencarian lirik lagu dengan unsur-unsur bahasa yang tepat dan sesuai.
3. Kegiatan
Penutup
a.
Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa
mengenai materi yang telah disampaikan.
c.
Mengingatkan
siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup
dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
PENILAIAN
1.
Teknik dan Bentuk
Instrumen
Kompetensi
Inti
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Kompetensi
Inti I dan II
|
· Pengamatan Sikap
|
· Lembar Pengamatan Sikap Rubrik
|
Kompetensi
III dan IV
|
· Tes Unjuk Kerja
|
· Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
· Tes Tertulis
|
· Tes Uraian, Pilihan ganda, tabel pengamatan, atau
lembar kerja siswa.
|
|
· Portofolio
|
· Panduan Penyusunan Portofolio
|
2. Contoh
Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
i. Kompetensi Inti I
Pedoman
Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual siswa. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual
yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Siswa :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Ket.
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menambah
rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari biosfer (persebaran
flora dan fauna)
|
|||||
2
|
Berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu
|
|||||
3
|
Mengucapkan rasa syukur
atas biosfer (persebaran flora dan
fauna)
|
|||||
3
|
Memberi salam sesuai agama
masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|||||
4
|
Mengamalkan sikap toleransi
antarumat beragama
|
|||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk
Penyekoran :
Siswa
memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 13 - 16
Baik : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup : apabila memperoleh skor 5 - 8
Kurang : apabila
memperoleh skor 1 - 4
ii. Kompetensi Inti II
1.
Peduli
Pedoman
Observasi Sikap Peduli
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman
untuk menilai sikap sosial siswa dalam kepedulian. Berilah tanda cek (v) pada
kolom skor sesuai sikap kepedulian yang
ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Ket.
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menjaga kerapihan dan
kebersihan kelas
|
|||||
2
|
Suka menolong teman/orang
lain
|
|||||
3
|
Kesediaan melakukan tugas sesuai
kesepakatan
|
|||||
4
|
Menghargai pendapat orang
lain
|
|||||
Jumlah
Skor
|
Petunjuk
Penyekoran :
Siswa
memperoleh nilai :
Baik
Sekali : apabila
memperoleh skor 13 - 16
Baik : apabila
memperoleh skor 9 - 12
Cukup
: apabila
memperoleh skor 5 - 8
Kurang
: apabila memperoleh skor 1 -
4
2.
Tanggung Jawab
Pedoman
Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap sosial siswa dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada
kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh siswa, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama
Siswa : ………………….
Kelas
: ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Ket.
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Melaksanakan tugas individu
atau kelompok dengan baik
|
|||||
2
|
Menerima resikodari
tindakan yang dilakukan
|
|||||
3
|
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti
yang akurat
|
|||||
4
|
Mengembalikan barang yang dipinjam
|
|||||
5
|
Meminta maaf atas kesalahan
yang dilakukan
|
|||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila memperoleh skor 6 – 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
3. Disiplin
Pedoman
Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai
sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya = apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak = apabila siswa tidak menunjukkan
perbuatan sesuai aspek pengamatan.
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Sikap
yang diamati
|
Melakukan
|
Ket.
|
||
Ya
|
Tidak
|
||||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat
waktu
|
||||
3
|
Memakai seragam sesuai tata
tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan tugas yang
diberikan
|
||||
5
|
Tertib dalam mengikuti
pembelajaran
|
||||
6
|
Mengikuti praktikum sesuai
dengan langkah yang ditetapkan
|
||||
7
|
Membawa buku tulis sesuai
mata pelajaran
|
||||
8
|
Membawa buku teks mata
pelajaran
|
||||
Jumlah
|
|||||
Petunjuk
Penyekoran :
Siswa
memperoleh nilai :
Baik
Sekali : apabila terdapat 7 – 8 jawaban YA
Baik : apabila
terdapat 5 – 6 jawaban YA
Cukup : apabila terdapat 3 – 4 jawaban YA
Kurang
: apabila
terdapat 1 – 2 jawaban YA
b.
Lembar Tes
Unjuk Kerja
No
|
Aspek yang dimiliki
|
Ya
|
Tidak
|
Ket
|
1
|
Ketelitian mengamati lingkungan
|
|||
2
|
Pemahaman akan konsep
|
|||
3
|
Kecermatan dalam menghubungkan teori dengan kenyataan dilapangan.
|
|||
4
|
Keterampilan
mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang
menarik
|
|||
5
|
Mampu
mengajukan permasalahan (Pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)
|
|||
6
|
Mampu
menyajikan penyelesaian dari Suatu permasalahan
|
Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik : apabila terdapat 5 – 6 jawaban
YA
Cukup : apabila terdapat 3 – 4 jawaban
YA
Kurang
: apabila terdapat
1 – 2 jawaban YA
c.
Lembar Tes Tertulis
1.
In
your opinion, what is idol? Who is your idol?
2.
Is
it important for you having an idol in your life? What’s the reason?
3.
Make
fife simple sentence using paired conjunctin below;
-
both...and...
-
either...or...
-
neither...nor...
-
not only...but also...
4.
In
your opinion, should an advertisement has the goal for the reader? Why?
5.
Find
your own favorite song, then complete the table below
Song
|
|
Title
|
|
Song writer
|
|
Singer
|
|
Messages
|
d.
Lembar Portofolio
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Keterangan:
·
Pengorganisasian
pembelajaran pada suatu pertemuan mengacu pada pembelajaran di dalam silabus.
·
Bisa
juga, pengorganisasian pembelajaran dibantu dengan “jadwal matapelajaran”
sesuai struktur kurikulum SMA, dengan catatan:
o Alokasi waktu untuk setiap
matapelajaran dalam “jadwal matapelajaran” tersebut relatif fleksibel,
disesuaikan dengan tema/sub tema dan kompleksitas kompetensi yang dibelajarkan.
o Kegiatan Pembelajaran harus mencakup
pembelajaran dalam silabus.
o Contoh RPP ini tidak mencakup seluruh
pertemuan.
..............., .....................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
...................................... ......................................
NIP. NIP.
DOWNLOAD SEMUA DISINI
0 Comments